pendidikan dan pengajaran

            Bicara tentang pendidikan,  sejatinya pendidikan yang terjadi di indonesia itu cenderung terlihat ke pengajaran. mengapa demikian ? karena pendidikan di indonesia itu lebih mementingkan kepada pemberian pengetahuan tentang sesuatu yang diketahui dan segala perilaku perilaku yang ada dalam dunia pendidikan. pada dasarnya manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, karena memiliki akal. seperti yang dikatakan oleh pak aniq pada pertemuan sebelumnya bahwa akal merupakan suatu hal yang mengikat yang bersifat misterius. Dengan di anugrahkannya akal kepada manusia maka diharapkan manusia dapat mengelola sesuatu dari buruk menjadi baik. dari kemampuan tersebut tentunya tak lepas dari adanya pendidikan.
                sejatinya pendidikan berasal dari Tuhan, karena melalui pendidikan manusia dapat merubah dirinya dari yang tidak tau menjadi tau dan dari yang tidak bisa menjadi bisa. pendidikan merupakan suatu tempat dimana seseorang dapat mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.
          pendidikan dan pengajaran merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan, karena jika pendidikan tanpa pengajaran maka hanya menghasilkan manusia tanpa wawasan atau pengetahuan tentang tuntunan dan perilaku yang dilakukan. pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Dimana pengajaran berfungsi sebagai pemberian pengetahuan tentang tuntunan serta perilaku (laku) yang dilakukan. melalui pengajaran manusia dapat saling memberi pengetahuan terhadap individu lain. pengajaran tak lepas dari peradaban (adab) yaitu sebuah akumulasi dari individu-individu yang beragam mencerminkan siapa diri mereka yang sebenarnya.
        maka dapat disimpulkan bahwa, pendidikan adalah suatu tuntunan, perilaku. sedangkan pengajaran merupakan pemberian atau memberikan pengetahuan tentang tuntunannya dan perilakunya.


posted by

Weny Widya
15120116
7C



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal usul Ilmu

Manusia Sebagai Titah Tuhan