MUSIKALISASI PUISI KELOMPOK 9 KELAS 5C



Musikalisasi puisi ini kami buat dengan tujuan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. dengan musikalisasi inilah kami bisa menunjukan rasa bangga kami kepada para pahlawan pahlawan kami. dengan musikalisasi puisi inilah kami bisa menunjukan bahwa kami menghormati jasa jasa mereka. mereka yang telah menukarkan nyawanya dengan satu kata " merdeka". 

dari kami untuk mereka yang telah berjasa.

PAHLAWAN UNTUK INDONESIAKU
oleh : Andi Muhammad Ichsan

Demi negeri
Kau korbankan waktumu
Demi bangsa
Rela Kau taruhkan nyawamu 
Maut menghadang di depan
Kau bilang itu hiburan
Nampak raut wajahmu
Tak seglintir rasa takut
Semangat membara di jiwamu
Taklukan mereka Penghalang negri
Hari harimu diwarnai
Pembunuhan pembantaian
Dihiasi bunga bunga api
Mengalir sungai darah disekitarmu
Bahkan tak jarang mata air darah itu
Muncul dari tubuhmu
Namun tak dapat
Runtuhkan tebing semangat jiwamu
Bambu runcing yang setia menemanimu
Kaki telanjang tak beralas
Pakaian dengan seribu wangi
Basah di badan kering di badan
Kini menghantarkan Indonesia
Kedalam istana kemerdekaan

kami sebagai generasi muda bangsa sudah selayaknya  kami sadar akan jasa jasa mereka yang telah gugur. karena tanpa mereka , kehidupan di indonesia tak akan seperti ini. tapi realita yang ada saat ini tidak sesuai seperti yang kami harapkan. banyak generasi muda yang sudah lupa akan siapa yang dulu berjuang mati matian demi negri.
 tapi yang perlu di ingat “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”, kata Bung Karno pada Hari Pahlawan, 10 November 1961. Setiap tahun kita diajak untuk mengenang jasa para pahlawan, baik yang nama-nama dan foto-fotonya kita kenal, maupun para pahlawan yang tak dikenal. Sekolah-sekolah mengadakan upacara bendera.  Di kampung-kampung, para pemuda membaca sajak “Krawang-Bekasi” dari Chairil Anwar. Dapat pula kita membaca novel “Di Tepi Kali Bekasi” dari Pramoedya Ananta Toer.
Menghormati jasa pahlawan tentu bukan hanya “mengenang masa lalu” selama sehari dalam setahun. Kita harus berterima kasih pada para pahlawan, yang memungkinkan kita setiap hari menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan.  Salah satu manfaat dari ditetapkannya figur-figur pahlawan dan penghormatan atas mereka pada hari pahlawan ialah agar generasi-generasi berikut dapat memiliki contoh keteladanan dalam hidup bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal usul Ilmu

Manusia Sebagai Titah Tuhan